2. Buat project baru dengan nama main, kemudian buat package baru dengan nama GameMain.
3. Setelah itu create new class dengan nama TicTacToe.java dan XOButton.java.
4. Pada class TicTacToe.java, ketikkan sintaks berikut ini:
package GameMain;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JFrame;
import java.awt.GridLayout;
/**
*
* @author Pra
*/
public class TicTacToe extends JFrame {
JPanel p = new JPanel();
XOButton buttons[] = new XOButton[9];
public static void main(String [] args) {
new TicTacToe();
}
public TicTacToe() {
super("TicTacToe");
setSize(400, 400);
setResizable(false);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
p.setLayout(new GridLayout(3,3));
for (int i=0; i<9; i++) {
buttons[i] = new XOButton();
p.add(buttons[i]);
}
add(p);
setVisible(true);
}
}
5. Pada kelas XOButton.java ketikkan sintaks berikut ini:
package GameMain;
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.ImageIcon;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.ActionEvent;
/**
*
* @author Pra
*/
public class XOButton extends JButton implements ActionListener{
ImageIcon x,o;
byte value =0;
/*
1:nothing
*/
public XOButton() {
x = new ImageIcon(this.getClass().getResource("/GameMain/x.png"));
o = new ImageIcon(this.getClass().getResource("/GameMain/o.png"));
this.addActionListener(this);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e){
value++;
value %=3;
switch (value) {
case 0: setIcon(null);
setIcon(null);
break;
case 1:setIcon(x);
setIcon(x);
break;
case 2:setIcon(o);
setIcon(o);
break;
}
}
}
6. Lakukan copy gambar pada netbeans document di dalam project main>src>GameMain gambar x.png dan o.png, (gambar sudah ada dalam project).
7. Kemudian lakukan pengecekan dari sintaks error yang terjadi, sampai semua tidak ada error message.
8. Lakukan run pada program main sampai berhasil. (Lihat video dibawah).
Download Project
0 komentar:
Posting Komentar
Kita bukanlah apa-apa tanpaNya, jika ada pertanyaan mengenai artikel silakan tinggalkan komentar anda melalui form komentar :)